Sabtu, 07 Juni 2014

Event MUGI Batam di POLITEKNIK BATAM {17 Mei 2014}

Pada tanggal 17 Mei 2014 kemarin tepatnya pada hari Sabtu pukul 9.00 – 12.00 WIB sudah dilangsungkan sebuah event seminar pengenalan Teknologi Informasi di POLITEKNIK Batam. Acara ini mengusung tema tentang Virtualisasi, sertifikasi, dan C# Programing. Jalannya seminar ini dapat dilaporkan sebagai berikut:
Pukul 9.20 WIB acara dimulai dengan pembukaan oleh Moderator.
Kemudian dilanjutkan kata sambutan dari ketua panitia acara
Kemudian dilanjutkan kata sambutan dari ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI)
Kemudian dilanjutkan kata sambutan dari Pembina HMTI (saya lupa mengambil foto saat beliau berbicara)
Setelah itu kata sambutan yang terakhir dari Ketua MUGI Batam (Bro Seto)
Setelah seremonial kata sambutan selesai, acara inti langsung dimulai, materi yang pertama ini adalah Sertifikasi IT yang dibawakan oleh Bapak John Friadi. Pada semen ini Pak John mengemukakan akan pentingnya sertifikasi untuk melengkapi ilmu IT yang sudah kita kuasai, karena sertifikasi adalah salah satu instrumen pembuktian bagi seorang yang berprofesi di bidang IT bahwa dia memang menguasai bidang IT yang sertifikat dan titel di sandang.
Sertifikasi juga dapat menaikan Ade seorang IT dalam negosiasi salary saat melamar pekerjaan, dan peluang untuk bekerja di Overseas lebih terbuka juga bagi yang memiliki sertifikasi IT dibandingkan yang tidak memilikinya.
Setelah materi pertama selesai, dilanjutkan dengan materi ke dua yaitu tentang bahasa pemrograman C# yang dibawakan oleh Sdr. Herman. Pada materi ini Sdr. Herman menjelaskan apa itu C#, kelebihan C# dibandingkan dengan bahasa pemrogram yang lain, serta hal-hal penting yang harus diingat saat kita menulis kode program dengan C#.
Sesi ini diakhir dengan acara demo program permainan yang dibuat dengan C# dengan cara mengikut sertakan peserta seminar memainkan program permainan ini.
Selanjutnya masuk ke materi yang terakhir yaitu Virtualisasi. Pada sesi ini pembawa materi adalah saya sendiri:-D Saya menjelaskan tentang berbagai macam jenis virtualisasi, yaitu virtualisasi System dan virtualisasi proses.
Virtualisasi System dilakukan pada sebuah perangkat keras (dalam hal ini sebuah komputer atau server) yang semula dapat dilihat perangkatnya dengan nyata menjadi tidak terlihat, namun dapat dirasakan keberadaannya, dan dapat dimanfaatkan fungsinya sama persis seperti komputer / server itu berbentuk nyata.
Sedangkan Virtualisasi Proses dilakukan pada proses sebuah program, sebagai contoh seperti program Java yang membutuhkan JVM (Java Virtual Machine) untuk dapat berjalan, sehingga kode program yang dibuat dengan Java cukup ditulis sekali saja, selanjutnya dapat dijalankan diberbagai macam platform sistem operasi dengan bantuan JVM tadi.
Sesi terakhir ini diakhiri dengan kegiatan demo aplikasi Hyper-V yang merupakan sebuah program virtualisasi buatan Microsoft yang dapat menjalankan berbagai macam sistem operasi Windows dan Linux, Serta aplikasi virtualisasi gratisan yang sangat terkenal yaitu Oracle VirtualBox.
Setelah sesi terakhir ini diadakan sesi tanya jawab, yang sangat disambut antusias oleh peserta seminar
Setelah pembagian Door Prize, acara langsung ditutup oleh moderator. Dan sebelum bubar, Panitia Acara dan pemateri mengadakan foto bersama (Pak John Friadi sudah izin duluan karena ada keperluan lainnya yang mendesak, sehingga beliau ketinggalan pada sisi ini :-D )
Secara keseluruhan acara ini berlangsung dengan sukses!
Tunggu laporan selanjutnya (Acara Workshop internal MUGI Batam dengan tema Windows Server Infrastruktur di kampus UIB tangga 31 Mei 2014 nanti).
— 000 —

Tidak ada komentar:

Posting Komentar