Minggu, 23 Februari 2014

Workshop Internal MUGI Batam Pertama tahun 2014 - Virtualisasi.


Pada hari Sabtu (22-02-2014) kemarin sudah terlaksana workshop untuk anggota MUGI Batam yang bertama ditahun 2014 ini yang pertema Virtualisasi. Acara ini diadakan di SMK Multistudy High School (MHS) di Batu Ampar.

Pada workshop ini materi yang diberikan adalah pengenalan Virtualisasi, Kelebihan dan kekurangannya, jenis-jenis Virtualisasi, serta istilah-istilah yang digunakan dalam bidang Virtualisasi. Setelah materi teori selesai, workshop dilanjutkan ke teori praktek yaitu mengaktifkan fitur Hyper-V di Windows 8 (kebetulan para peserta sudah menggunakan Windows 8 semua), jadi tidak ada masalah dengan hal ini.

Namun demikian ternyata banyak dari peserta menggunakan laptop yang belum full support Hyper-V sehingga diantara banyak peserta hanya seorang saja yang berhasil mengaktifkan Hyper-V dan dapat menggunakannya dengan baik, sementara yang lain terpaksa menyimak saja.

Untuk mengobati kegagalan banyak peserta dalam mengaktifkan Hyper-V, maka pemateri menambahkan satu materi lagi, yaitu cara menggunakan VirtualBox (sebuah software virtualisasi yang lebih universal) yang dapat dijalankan pada sistem operasi apa saja tanpa syarat yang berart-berat. Dengan materi ini maka peserta yang tidak dapat menjalankan Hyper-V juga dapat merasakan bangaimana menjalankan Guest OS dalam lingkungan sistem virtual di laptopnya masing-masing.

Yang menjadi pemateri dalam workshop ini adalah Bendahara MUGI Batam yaitu Bro. Athailah. Workshop ini merupakan workshop pembuka di tahun 2014 ini, dan akan diikuti dengan workshop selanjutnya dengan tema atau materi yang lain agar anggota MUGI Batam memperoleh pencerahan tentang teknologi perangkat lunak, khususnya perangkat lunak yang dihasilkan oleh Microsoft.

Sampai jumpa di workshop selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar